Baterai yang lowbet terkadang membuat Mood kamu berantakan. Karena hampir semua kebutuhan kita sangat bergantung dengan Handphone/Smartphone yang kita miliki. Beberapa handphone terkadang mempunyai Spesifikasi ketahanan baterai yang bagus dan tahan lama.  Disini kita tidak membahas merk Smartphone apa saja yang mempunyai spesifikasi “tangguh” terkait baterai ini. Namun kita akan berbagai berbagai macam Trik menghemat baterai yang bisa kamu coba dan lakukan di saat kamu lagi beraktifitas.

Sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk menghemat baterai ini, misalnya mengurangi tingkat kecerahan layar HP kamu, dan beberapa cara lainnya sehingga kamu bisa melanjutkan aktifitas harian tanpa takut Handphone kamu redup karna kehabisan baterai. Mari kita ulas trik menghemat Baterai, yang bisa kita terapkan sehari hari. Namun sebelum kita membahas trik menghemat Baterai, hal yang pertama kita cari tahu adalah penyebab Ponsel kita menjadi boros dalam pemakaian Baterai.

Mengapa Baterai Smartphone Menjadi Cepat Habis?

Pengisian Baterai yang Terlalu Lama

Sebagian dari kita pasti beranggapan penyebab Baterai HP yang cepat habis dikarenakan mengisi baterai semalaman. Padahal sekarang ini banyak gadget yang dibekali sistem yang menghentikan daya listrik secara otomatis ketika baterai diisi secara penuh. Namun kamu juga harus mengontrol pengisian Baterai, tetap juga jangan sampai baterai yang terlalu sering kamu isi secara over yang lama kelamaan akan mengakibatkan tidak optimalnya kinerja baterai kamu.

Banyaknya Aplikasi di Smartphone

Ada beberapa apilikasi di HP kita yang menjadi beban dalam pemakaian baterai ini. Aplikasi seperti Facebook, Instagram, Tik-Tok, Whatsapp dan lainnya bisa menghabiskan Baterai tanpa aktif menggunakannya. Terkadang Notifikasi dari aplikasi media social kita bisa membuat baterai kita cepat habis.

Type Smartphone yang Jadul

Perkembangan HP yang semakin pesat membuat Ponsel lama “ketinggalan zaman” dengan belum lengkapnya fitur/sistem penghematan yang baik membuat Handphone dengan type lama menjadi yang paling rentan Baterai hpnya padam.

Kecerahan Tinggi

Tingkat kecerahan yang tinggi dalam penggunaa HP kita terkadang membuat baterai hp menjadi cepat habis. Lebih baik kita memasang kecerahan layar HP yang sedang saja, supaya HP kita tahan lama.

Setelah kita mengulus beberpa penyebab yang membuat HP itu cepat habis,s ekarang kita membahas beberapa trik supaya kita tidak takut kehabisan Baterai kala menjalani aktifitas.

Trik Menghemat Baterai Dengan Mudah dan Gampang

Ada banyak trik untuk menghemat baterai ini yang perlu kita keteahui dan pahami. Namun hadirnya beberapa HP terbaru yang menawarkan fitur  “Power Saving” bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan baterai  bagi penggunanya. Namun kita juga bisa mengontrol penggunaan baterai itu sendiri. Mari kita bahas satu per satu.

Non-aktifkan fitur Wifi atau Hotspot

Penggunaan Wifi atau Hotspot yang kita pakai bisa juga menyebabkan tingginya konsumsi baterai HP yang kita gunakan. Setelah itu Terkadang kita juga lupa untuk nonaktifkan penggunaan WiFi-Hotspot setelah memakainya. Untuk itu ketika kamu sudah selesai dalam menggunakan WiFi-Hotspot kamu hanya perlu untuk non aktifkan saja di hp kamu, supaya baterai kamu tahan lama.

Atur Tingkat Kecerahan Layar menjadi alternatif trik menghemat baterai

Kecerahan layar di hp kita terkadang menjadi faktor utama terjadinya pemborosan baterai hp yang kita gunakan. Dengan menurunkan tingkat kecerahan layar hp kita akan agar tidak silau dan juga bisa meng hemat daya tahan baterai kita. Selain itu juga kita bisa juga mengalihkan tampilan apilikasi ke Dark Mode. Penggunaan dark mode akan mengurangi intensirtas kecerahan layar di HP saat menggunakannya di luar ruangan.

Type Smartphone yang sudah Ketinggalan Zaman

Terkadang kondisi baterai HP atau usia HP yang sudah lama membuat ketahanan ponsel menjadi turun. Ada beberapa solusi atau cara memperbaiki di kala kondisi Type HP kita yang sudah ketinggalan zaman ini.:

  • mengganti  baterai: jika HandPhone yang kamu milliki adalah HandPhone yang menggunakan baterai yang dapat dilepas,kamu bisa membuka dan menggantinya dengan Baterai yang baterai baru.
  • Membeli HP baru: ketika kamu ingin sekali mempunyai ponsel yang mempunyai ketahanan baterai yang baik , kamu perlu mengganti HP kamu dengan yang baru. Sekarang ini sangat banyak hp dengan harga murah yang mempunyai spesifikasi tangguh.

Nah itu adalah beberapa trik menghemat baterai dan penyebab terjadinya pemborosan pada ponsel kita. Jangan sampai padatnya aktifitas membuat kita kehilangan mood karena handphone yang kita pakai mengalami kehabisan baterai dan membuat mood kita menjadi buruk. Bagikan pengalaman kamu sehabis menerapakan trik simple ini. Tinggalkan saran dan pengalaman kamu di kolom komentar ya.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *